Bilik Cerita

Bucin NCT, Ini Caraku Mencari Tahu dan Mengenali Setiap Member NCT

Awal tahun ini, 21 Januari 2021 aku sebagai penikmat konten YouTube kenyang bahkan mabuk konten kata orang. Saat membuka YouTube aku kaget, lho bukannya hari ini tepatnya pukul 6 sore itu video yang di publish relay camnya Ten?

Saat membuka akun YouTube NCT, ada 3 video yang muncul. Pertama video anjing yang tentu saja Daegal—peliharaannya Cenle—Member NCT Dream. Kedua video Member NCT Dream, Mark, Haechan, Jisung dan Chenle yang bermain dengan daegal. Terakhir adalah video relay cam milik Ten. Ini yang kucari, tapi hasilnya yang kutonton pertama ialah video daegal yang debut dengan lagu Chewing Gum. Lebih lucu ialah saat baca setiap komentar-komentar di postingan tersebut. Bahkan penyebutan kata debut juga ya karena banyak yang menyebut demikian.

Mungkin, kalau yang baca tulisan ini yang tidak tahu dan mengerti apa itu NCT yah memang wajar. Aku juga mulai mencari tahu tentang mereka setahun terakhir ini. Sebelumnya pernah dengar NCT boy grup yang dinaungi oleh agensi SM Entertainment—salah satu agensi terbesar di Korea Selatan. Satu agensi dengan Super Junior, EXO, Red Velvet dan lainnya.

Paling lucu ialah, cuma tahu membernya banyak. Bahkan kayak jokes gitu, kalau lewat orangnya enggak habis-habis. Kalau foto grup atau acara orang-orang pada bingung bedain tiap namanya. Maklum saja, setiap grup yang normalnya 7 orang saja masih sulit bedain tiap member. Apalagi ini yang lebih dari 18 member, bahkan saat ini 23 orang.

Dulu tahunya yah segitu doang. Lalu pas skripsian ketemu dengan orang yang suka Kpop, eh mulai cerita tentang NCT. Tapi cuma berarkhir di dengarin lagu Black On Black. Enak aja dengar lagunya, bahkan lihat musik videonya seru karena mereka menari dengan 18 orang saat itu. Oh iya, ini album mereka di tahun 2018. Awal mula mereka debut sebagai member NCT—full member.

NCT 2018 – Black On Black

Kenapa full member? Karena di NCT ini dibagi lagi grup nya. Kalau dari penjelasan membernya NCT itu Neo Culture Technology semacam brand dari grup mereka.

Aku mulai ngerti konsep mereka saat mulai mengulik-ulik setiap acara variety show mereka khususnya di Weekly Idol. Pada program itu mereka ada nampil 18 orang sekaligus, bahkan mc dan kameramen pusing dengan tamunya. Sama penonton baru juga bakalan bingung.

Nah, di program itu dijelasin sedikitlah tentang konsep mereka. Kalau NCT itu brand mereka, membernya bisa bertambah tidak ada patokan berapa member. Di dalam NCT terbagi lagi grupnya, yang pertama ada NCT 127. Angka 127 ini menandai koordinat bujur dari Seoul. Kenapa Seoul, kalau dari penjelasan membernya karena KPop berasal dari Korea Selatan. Grup NCT 127 ini membernya tetap, dalam artian tidak ada perubahan atau pergantian. Tapi sejauh ini ada yang berubah sih, kalau enggak salah Winwin.

Grup kedua itu NCT Dream. Boy grup dengan usia remaja—menurut usia internasional dengan konsep ceria dan semangat. Ini sedikit berbeda dengan NCT 127 karena ada perubahan pada anggota grupnya atau sistem lulus. Saat pertama debut, membernya terdiri dari 7 orang, lalu berubah menjadi 6 orang. Itu tadi karena konsepnya NCT Dream untuk member NCT dengan usia remaja. Tapi sejak 2020 ada perubahan, NCT Dream tetap menjadi 7 member atau fix unit.

Ketiga adalah grup NCT U atau United. Ini lebih fleksibel sih konsep grupnya. Orangnya tidak menentu, anggota NCT U berdasarkan konsep lagu yang dinyanyikan oleh member. Misalnya ada lagu dengan judul Baby Don’t Stop yang di bawakan oleh Taeyong—Member NCT 127 dengan Ten—bukan NCT 127. Nah, karena mereka masih bagian NCT, maka mereka disebutnya NCT U.

Pada acara Variety Show tersebut, aku mulai paham konsep mereka dan kecanduan deh. Mencari konten-konten tentang NCT seperti di Weekly Idol mereka termasuk sering sih.

Sudah tahu grupnya, belum tentu hapal nama membernya. Kebayang dong sebanyak 18 orang dengan wajah yang hampir mirip susah banget dibedain. Belanjutlah mulai mencari tahu tentang NCT Dream. Kenapa Dream? Ntah kenapa rasanya mereka jago untuk ukuran artis yang baru debut di setiap variety show yang mereka datangin. Enggak canggung dan suasananya jadi seru.  Atau mungkin sudah kena efek bucin? Tapi yang pasti membernya paling sedikit jadi lebih mudah untuk ngingat orangnya.

Di NCT Dream ada Mark dari Canada, Renjun dari Cina, Jeno dari Korea Selatan, Jaemin dari Korea Selatan, Haechan dari Korea Selatan, Cenle dari Cina, dan yang paling bungsu Jisung dari Korea Selatan. Ini namanya berurutan lho dari yang paling tua hingga paling muda.

Lalu setelah mulai tahu tentang member NCT Dream, mulai merambah lagi mencari tahu dengan NCT 127 senior atau hyungnya NCT Dream. Mulai tahu setiap member ini lebih lama dari sebelumnya sih, karena mereka membernya lebih banyak yakni 9 orang.

Kabar baiknya sekarang aku sudah bisa bedain dong tiap member, seriusan tidak penting banget haha. But, ini menarik karena semacam mengikuti perkembangan mereka dari trainee hingga bisa jadi sekarang yang dikenal banyak orang dan konser tur dunia. Bahkan nih ya, bakalan jadi andalan agensinya.

Selain perjuangan mereka, aku menarik dengan konsep yang dibuat oleh agensinya. Kalau melihat dari setiap penjelasan mereka dan lagu-lagu yang mereka bawakan itu saling berkesinambungan dan bisa nyatuin konsep mereka.

Oh iya, konten di YouTube yang sering mereka unggah itu juga salah satu media mereka lho untuk dikenal dunia. Karena target mereka bukan Korea Selatan lagi tapi dunia. Membernya saja tidak terbatas bukan hanya dari Korea Selatan.

Terakhir, aku mulai bisa bedain member Wayv. Ini lebih mudah karena member lain seperti Kun, Winwin, Ten, dan Lucas sebelumnya sudah banyak muncul di variety show. Lalu saat ini sih sudah tahu bedain Hendery, Yangyang, dan Xiaojun.

Untuk tahu tentang member Wayv ini, cukup lihat program mereka yang Dream Plan. Oh iya, Wayv ini fokus promosi untuk Tiongkok dan membernya juga tidak ada yang dari Korea Selatan. Jadi jangan heran kalau sebagian besar konten mereka banyak yang menggunakan bahasa Cina.  Konten Wayv juga lumayan banyak di YouTube, bahkan sudah punya program reality show.

Karena member Wayv ini dari negara bukan Korea Selatan, ini menjadi salah satu kebanggaan fansnya, karena tidak menunggu biasnya wajib militer.

Sekian ulasan tanda-tanda bucin NCT ini. Lumayan terniat, tapi kayak harus nulis ini gitu di blog. Kalau ada yang mau nambahin boleh share di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *