Halte Latumenten
Bilik Cerita

Petugas Layanan Bus Trans Jakarta Melanyani dengan Ramah

Sabtu sore, 27 April 2019 aku dan Anita berangkat dari Halte Latumenten menuju Bundaran HI. Tujuan kami ingin merasakan fasilitas umum MRT. Hal ini juga sebagai ajang untuk membuat konten video milik Anita—Adik Sepupu. Pada transit busway ketiga, kondisi penumpang ramai—semua kursi sudah penuh dan beberapa ada yang berdiri. Hal tersebut sudah lumrah sebab jam pulang kerja.

Hal yang menarik saat aku melihat petugas layanan bus (PLB) memegang kertas kecil—sesekali dibaca lalu disimpan pada saku celananya. Aku tidak tahu dia petugas baru atau memang sudah menjadi kebiasaannya. Bukan hanya kejadian itu saja, aku terkagum saat dia menegur penumpang laki-laki (berusia antara 35-40) yang berada di area khusus wanita. Dia dengan sopan mendekat pada penumpang yang baru saja masuk itu dengan jarak yang tidak jauh, sekitar satu jengkal tangan orang dewasa lalu PLB berbisik menyampaikan pesan pada penumpang tersebut. Bahasa tubuh PLB ini yang bikin aku makin kagum, tangan kanannya diletakkan menyilang dibawah bahu kiri. Aku cuma bisa berdecak kagum sambil sebutkan “wah, gila sih aku apresiasi banget sama kinerja dia. Dalam kondisi tersebut dia menggunakan bahasa tubuh yang sopan.”

Saya rasa dengan pelayanan tersebut saya sebagai penumpang ikut senang, walaupun dengan melihat kejadian tanpa harus ikut merasakannya. Pada saat perjalanan pulang, dari halte Lebak Bulus menuju Grogol PLB yang bertugas ini ramah, walau suaranya terdengar tegas. Saat diperhentian halte, jika ada penumpang hamil dan ibu-ibu dengan rentang usia 40 tahun keatas yang memasuki bus langsung diberitahukan pada penumpang lain untuk memberikan tempat duduk. Saat bus berjalan, yang paling aku suka PLB tersebut menyebutkan terima kasih pada penumpang yang sudah memberikan tempat duduknya. Ucapan terima kasih yang kedengarannya sepele namun memiliki kesan yang tidak terlupakan bagi penerima pesan.#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *